Contoh Makanan 4 sehat 5 sempurna.. !!


4 Sehat 5 sempurna merupakan pedoman masyarakat dalam memahami pola makan yang sehat dan benar. Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung 4 nutrisi, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan dan disempurnakan dengan susu. Tujuan dari pola makan 4 sehat 5 sempurna yaitu tercukupinya nutrisi dan gizi bagi tubuh. sehingga tubuh menjadi sehat dan tidak mudah diserang penyakit. Jika dilihat, makanan 4 sehat 5 sempurna ini mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh.

1. Makanan Pokok

Kandungan gizi yang terdapat pada makanan pokok adalah Karbohidrat. Karbohidrat yang berfungsi sebagi peningkat energi tubuh kita. makanan yang mengandung karbohidrat antara lain Nasi, Roti gandum, Kentang, Jagung dan Sagu. kita tidak harus makan kelima makanan ini. cukup hanya dengan satu jenis disetiap kali kita makan maka dapat memenuhi pola makan 4 sehat 5 sempurna.

2. Lauk Pauk

Kadnungan gizi yang terdapat pada lauk pauk adalah protein. fungsi dari protein ini sendiri yaitu untuk membangun jaringan yang rusak dalam tubuh, melarutkan berbagai vitamin, manjaga keseimbangan asam basah, serta membentuk atau membangun sel-sel tertentu. beberapa makanan yang mengandung protein yaitu ikan, ayam, tempe, tahu, telur dan sebagainya. kita tidak harus mengkonsumsi semuanya. cukup 1 jenis disetiap kali kita makan.

3. Sayur-sayuran

Kandungan yang terdapat pada sayur-sayuran adalah vitamin dan serat. Vitamin dan serat sangat cocok untuk kalian yang sedang mengalami ganguan pencernaan karena vitamin dan serat sangat efektif dalam melancarkan saluran pencernaan, tidak hanya melancarkan namun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. beberapa sayuran yang sangat bermanfaat yaitu bayam dan brokoli.

4. Buah-buahan


Kandungan yang terdapat pada buah-buahan yaitu vitamin dan mineral. vitamin dan mineral juga berfungsi sebagai pelancar pencernaan tidak jauh berbeda dengan sayur-sayuran. hampir semua buah memiliki vitamin dan mineral beberapa buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yaitu pisang, pepaya, angur, sirsak, apel, jambu biji dan sebagainya.

5 Susu
Susu merupakan pelengkap pada pola makan 4 sehat 5 sempurna. dalam penyempurna kebutuhan gizi, kandungan yang terdapat pada susu dapat dikatakan wajib dikonsumsi oleh kita sehari-hari. karena susu mengandung, vitamin D, viamin B12, vitamin A, dan fosfor. manfaat yang anda dapat proleh yaitu, membentuk otot, pertumbuhan tulang untuk bayi, mencegah osteoporosis pada orang dewasa, menghaluskan kulit dan banyak lagi kelebihan yang kita dapatkan.

Komentar

Postingan Populer